Senin, 24 November 2008

Pemanfaatan Ruang di bawah ATAP


Renovasi ini dilakukan karena tuntutan kebutuhan ruang kamar untuk anak yang semakin besar. Luas lahan yang terbatas & biaya yang terbatas menjadi salah satu alasan pemanfaatan Ruang dibawah Atap ini dimanfaatkan secara optimum untuk ruang yang lebih berguna.

Alasan lain dari renovasi ini adalah mengingat usia rumah existing yang sudah lebih dari 10 tahun. Bisa dimaklumi kualitas bangunan yang disediakan developer sangat kurang baik, terutama atap bocor dimana-mana belum lagi finishing lainnya.

Disain bangunan existing sebenarnya tidak jelek, tetapi penyelesaian detail finishingnya tidak ideal. Talang datar disisi kiri & kanan bangunan tidak mungkin hanya mengharapkan dari talang seng saja (bisa keropos/karat), sehingga pada saat renovasi talang diganti dengan beton dengan menggunakan waterproofing khusus untuk menghindari bocor yang selalu terjadi dimasa musim hujan.



Bahan lain yang diganti adalah bahan penutup atap itu sendiri, semula genteng beton (sering terjadi retak rambut) diganti dengan jenis betutine + stone chip dengan warna yang kita kehendaki. Bahan tersebut lebih ringan dan cocok dengan bentuk atap yang banyak terdapat tekukan-tekukan (jurai). Sangat fleksible dan terdiri dari 3 lapis sehingga aman sekali dari celah untuk air yang ingin masuk. Memang dibutuhkan tambahan bahan multipleks untuk pemasangan atapbetutine ini, tetapi karena rangka atap dengan reng masih dapat dipergunakan, maka cukup multipleks 6mm saja (seharusnya 9mm) yang digunakan sebagai alas atap betutine + aluminium foil.


Published : Majalah iDEA edisi ATAP - 22 november 2008

4 komentar:

Mind Transportation mengatakan...

wah sayangnya gw gak punya attic euy, pingin siih.

Unknown mengatakan...

Wah bagus yah, tapi ntar deh kalo sudah dapat kesempatan

Denie
www.pernikkhatulistiwa.blogspot.com

Poles lantai mengatakan...

Pak danang kl membutuhkan jasa poles marmer 085710457965 granite/teraso bisa menghubungi saya,lebih murah,langsung tukang dan dikerjakan sendiri
http://jhoncleaning.blogspot.com/

nanang mengatakan...

pak danang keren atticnya
kalo untuk rumah hadap barat kira-kira cocok nggak ya pak untuk pemanfaatan attic spt itu?